IGI GOES TO SCHOOL

Pendidikan bukanlah hal yang asing terdengar bagi masayarakat. Juga semua telah sepakat bahwa pendidikan dibutuhkan oleh semua orang. Tapi dalam kenyataan kita sering lupa bahwa pendidikan saat ini khususnya dari kualitasnya tidak sebagus negara-negara lain. Untuk mengantisipasi perubahan-perubahan dan tantangan yang semakin besar. Maka lembaga pendidikan mengupayakan beberapa cara untuk meningkatkan lulusan yang berkualitas.
Sasaran upaya peningkatan mutu pendidikan yaitu peningkatan kompetensi "GURU" sebagai ujung tombak dalam dunia pendidikan. 
Menurut Uzer Usman (1992) guru mempunyai tugas pokok yaitu mendidik, mengajar dan melatih. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki kompetensi-kompetensi yang berkaitan dengan mendidik, mengajar dan melatih peserta didik. Dalam profesi keguruan kita mengenal istilah kompetensi. Kompetensi itulah yang digunakan untuk menilai apakah seorang guru berkualitas atau tidak. Ada empat kompetensi yang harus dimiliki guru, yaitu: (1) kompetensi paedagogik (2) kompetensi kepribadian, (3) kompetensi sosial, dan (4) kompetensi profesional.
Kompetensi paedagogik menekankan pada kemampuan seorang guru dalam mengelola peserta didik baik dalam mendidik, mengajar maupun melatih. Kompetensi kepribadian/personal lebih menunjukkan pada kematangan pribadi. Di sini aspek mental dan emosional harus benar-benar terjaga. Kompetensi sosial lebih menunjukkan pada kemampuan guru untuk berelasi, berinteraksi. Guru memperlihatkan keluwesan dalam pergaulan dengan peserta didik, kepala sekolah, dan juga teman sejawat di tempat ia mengajar. Guru bisa menciptakan persahabatan yang baik. Keberadaannya memberi manfaat yang positif. Sedangkan kompetensi profesional lebih menunjukkan pada kemampuan yang dimiliki guru sebagai pengajar yang baik.
Berdasarkan hal tersebut, Ikatan Guru Indonesia ( IGI ) Kabupaten Jombang mengadakan sebuah program yang bertujuan untuk bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi pendidik.
"IGI GOES TO SCHOOL" adalah salah satu program kerja Ikatan Guru Indonesia ( IGI ) Kabupaten Jombang yang sedang diluncurkan. Yaitu berupa pelatihan "GRATIS" yang dilakukan oleh trainer-trainer dari IGI Jombang kepada para guru di lembaga. 
Adapun cara untuk mendapatkan Layanan Gratis IGI GOES TO SCHOOL antara lain sebagai berikut:
  1. Melayangkan surat permohonan pelatihan IGI GOES TO SCHOOL ke skretariat IGI Kabupaten Jombang (Jl, Gubernur Suryo VI Blok E No. 39 Sengon Kab. Jombang, Prop. Jawa Timur),
  2. Tidak mengganggu jam efektif pembelajaran,
  3. Minimal 10 orang bisa berasal dari gabungan beberapa lembaga.
Setelah semua terpenuhi maka TIM IGI GOES TO SCHOOL akan meluncur ke lembaga bersangkutan untuk memberikan pelatihan secara "GRATIS".
Previous
Next Post »